Pages - Menu

Tuesday 7 June 2016

Tips Mengatur Uang Bagi Anak Kost


Selamat Siang .. Kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang “Tips Mengatur Uang Bagi Anak Kost”. Sebagai seorang anak kost, tentu kita harus pintar-pintar mengatur keuangan agar kita tidak selalu meminta kiriman uang dari orang tua terus. Namun begitu, jangan gara-gara ingin mengatur keuangan malah anda mengorbankan prestasi anda. Maka saya menyarankan agar anda tetap senantiasa belajar dan belajar. Oke, ini dia tips mengatur uang bagi anak kost versi 7INFOBISNIS :

1.    Skala prioritas
Skala prioritas memiliki peranan penting dalam manajemen keuangan. Jadi bagi anda anak kost, buatlah susunan skala prioritas dari yang paling penting sampai hal yang tidak penting. Misalnya dari kebutuhan makan, sekolah, biaya kost, dll. Dengan begitu, pengeluaran anda akan lebih teratur dan rapi. Kalau anda sudah terbiasa menyusun skala prioritas, maka kelangsungan uang anda lebih terjamin.

2.    Rajin menabung
Menabung selain menghemat tabungan anda atau biaya hidup anda. Malah akan menambah tabungan anda. Tak perlu banyak-banyak dalam menabung karena pada dasarnya seorang anak kost pasti memiliki kebutuhan yang sifatnya mendadak. Maka sisihkan sedikit saja, tapi jika punya banyak malah lebih baik. Tabungan ini kelak bisa anda gunakan untuk biaya lain yang lebih penting.

3.    Kerja paruh waktu/freelancer
Jika anda seorang mahasiswa dan hidupnya di kost. Untuk menambah uang tabungan, anda bisa mencoba kerja paruh waktu yang tidak menganggu aktivitas sekolah anda. Di kota-kota mungkin sudah banyak yang menawarkan pekerjaan ini. Tinggal anda melamarnya.

4.    Minimalkan belanja
Cara meminimalkan belanja adalah dengan tidak menggunakan uang untuk belanja yang tidak bermanfaat. Belanja yang tidak penting hanya akan pemborosan keuangan anda, sehingga bukannya untung anda malah rugi. Maka aturlah mana yang harus dibeli dan mana yang tidak perlu di beli

5.    Hemat dalam membeli
Sebagai sambungan dari poin nomor empat. Dalam membeli barang, usahakan membeli pada harga yang paling. Ini berguna untuk eminimalisir pengeluaran anda. Anda bisa membandingkan harga di Toko A dengan Toko B, dan pilih harga yang paling murah.

Sekian sedikit informasi kali ini, semoga dengan 5 tips diatas, keuangan anda menjadi lebih teratur. Terima kasih dan jangan lupa komentar ya

No comments:

Post a Comment